Dealer Mobil HONDA : CILACAP, PURWOKERTO, PURBALINGGA, BANJARNEGARA
Fast Respon, Call: 0856-6633-326 - ADIT

Cara Merawat Aki Mobil Motor Supaya Lebih Tahan Lama, HONDA SUMBER PURWOKERTO CILACAP


Kami dari Dealer Honda Sumber Purwokerto akan berbagi Tips dan Trik cara melakukan perawatan Aki pada Mobil dan Motor anda, supaya usia pakai Aki lebih kuat dan tahan lama.
Pada mobil atau motor, aki  merupakan sumber kelistrikan untuk menghidupkan mesin. Selain itu aki juga digunakan untuk sumber listrik pada sistem kelistrikan mobil ketika mesin mati. Jika mesin sudah hidup, fungsi aki digantikan oleh charging system.
Mengingat pentingnya aki pada kendaraan, maka harus dilakukan perawatan. Kurangnya perawatan pada aki, menyebabkan usia pakai aki lebih pendek (tekor). Apabila sering dilakukan perawatan maka usia aki semakin awet
Pada dasarnya ada beberapa jenis aki kendaraan : Aki Basah & Aki Kering ( Maintenance Free). Biasanya pada mobil Honda sudah menggunakan Aki Kering (Maintenance Free).


6 cara merawat aki yang  harus dilakukan supaya usia pakai aki panjang

1. Periksa cairan elektrolit aki
Lakukan pengecekan rutin, sebaiknya bersaan saat servi ganti oli mesin.  periksa jumlah elektrolit aki. Jika dibawah garis lower level maka sebaiknya di lakukan pengisian.
- Aki Basah penambahannya menggunakan Air Aki (H2O) botol berwarna biru.
- Aki kering penambahannya menggunakan Acuzur (SO4) Asam Sulfat.
Setelah pengisian sebaiknya di charger, atau digunakan saat memanaskan mesin kendaraan selama 15 sampai 30 menit.

2. Periksa kekencangan dan kebersihan terminal Aki
Periksa terminal Aki dari korosi. Biasanya korosi berwarna hijau atau putih. Bersihkan dengan disiram air panas kemudian di sikat sampai bersih. Biasanya terjadi korosi karena klaim terminal + dan – kurang kencang. Sebaiknya setelah bersih kencangkan

Gambar Terminal Aki yang Bersih


3. Panaskan mobil yang jarang digunakan
Sebaiknya lakukan memanaskan mobil 2 hari sekali selama 15-30 menit supaya system pengisian berjalan. sebenarnya dimana semua aki pasti mengalami self discharge yaitu kapasitas baterai akan berkurang dengan sendiri meskipun tidak digunakan. Itulah kenapa mobil dan motor dibiarkan selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan tanpa dipanaskan mesinnya menyebabkan setrum aki habis (tekor) akhirnya tidak kuat untuk menghidupkan mesin

4. Periksa sistem pengisian
Cara paling mudah yang dilakukan adalah dengan melihat indikator aki pada dashbord mobil, saat kunci kontak on mesin mati, maka gambar baterai akan nyala. ketika mesin dihidupkan, seharusnya gambar baterai akan mati. jika mesin hidup, tetapi gambar aki tetap hidup, maka terjadi permasalahan pada sistem pengisian. Cara lain anda bisa melepas terminal negatif aki saat mesin hidup, jika mesin mati saat terminal negatif dilepas maka sistem pengisian bermasalah. Jika masih hidup berarti sistem pengisian bekerja normal.

5. Hindari penggunaan kelistrikan saat mesin mati
Hindari menghidupkan kelistrikan seperti lampu kabin, Head Unit Audio, tv, radio dalam keadaan mesin mati. Kapasitas arus listrik aki akan habis. Hal ini bias menyebabkan mengurangi usia pakai Aki anda.

6. Periksa kualitas aki
Untuk mendapatkan hasil yang akurat pada ketahanan penyimpanan arus listrik pada aki, bisa menggunakan alat batteray load tester. Pasangkan kutub positif negative alat ini pada aki, kemudian alat itu akan membaca kualitas pada aki. Biasanya Aki baru dicek hasilnya kondisi 100% good. Apabila menunjukan angka dibawah 30% sebaiknya ganti. Karena daya simpan arus listrik pada aki berkurang. Hasilnya sering kali setiap pagi saat akan starter tidak kuat.

KESIMPULAN
Mulailah untuk belajar merawat kendaraan sendiri, sangatlah mudah cukup lakukan 6 cara diatas, semoga usia aki anda lebih lama. Umumnya aki kendaraann bisa bertahan sampai 3 - 5 tahun.

Berlangganan Informasi Kami :

0 Response to "Cara Merawat Aki Mobil Motor Supaya Lebih Tahan Lama, HONDA SUMBER PURWOKERTO CILACAP"

Posting Komentar